10 Cara Menghemat Baterai Android (BEST TRIK)

10 Cara Menghemat Baterai Android (BEST TRIK)

Lebih dari 80% pemakai device dikuasai oleh android, hadirnya blog ini juga untuk menolong & memberi info bagi pemakai android, tergolong anda.

Cara Menghemat Baterai Android

Kelebihan dari sistem operasi android dibandingkan sistem operasi lainnya ialah bisa menginstal banyak software & ketersediaan software gratis yang banyak mengangkat manfaaat. Dengan harga yang terjangkau kita sudah bisa terkoneksi dengan internet dengan mudahnya, jadi aktifitas kita banyak terbantu, maka koneksi internet sudah menjadi hal yang wajib bagi pemakainya.

Tetapi segudang kelebihan hp android juga berbanding lurus dengan resiko & kekekuranganan, khususnya pada perangkat pasokan daya yaitu baterai. Ya, baterai menjadi faktor yang menjadi menopang aktifitas vital pada hp android anda, aktifitas kita tidak bakal mulus semulus paha bintang film apabila baterai kita cepat habis, kendala baterai yang cepat habis terbukti menjadi kendala mutlak bagi pemakai device android, mengingat mayoritas handphone android dengan kapasitas baterai yang besar & mampu berawet tetap dipasarkan dengan harga yang mahal.

Seringkali kita menjumpai berbagai hp android kawan bahkan milik kita sendiri, baterai cepat terkuras habis, padahal aktifitas kita juga tidak terlalu aktif, apakah hal ini terjadi pada hp android kita juga? apabila iya, maka kita datang pada postingan yang cocok, sebab bakal memberikan trik ampuh cara menghemat baterai android yang bagus & benar supaya baterai android kita tidak terkonsumsi untuk aktifitas percuma. Nah jadi apa saja cara menghemat baterai android.

Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak.
Fitur android yang hebat salah satunya ialah kita bisa memakai wallpaper yang bisa bergerak contohnya animasi, jadi hp android kita menjadi lebih hebat & sedap dipandang mata. Tetapi dari keindahan ini, ada yang haruslah kita bayar, yaitu baterai android kita cepat habis, sebab animasi wallpaper ini mengkonsumsi banyak daya baterai anda. Apabila kita ingin lebih menghemat baterai android anda, gunakanlah wallpaper yang biasa-biasa saja, ukuran file gambar yang dijadikan gambar juga tidak terlalu besar & HD sebab juga bakal memberatkan kinerja prosesor & juga lebih banyak mengkonsumsi daya apabila dibandingkan dengan wallpaper dengan layar hitam & selesaiolusi biasa. Apabila tipe layar kita berupa AMOLED, maka wallpaper hitam bakal lebih bagus. Menurut uji coba coba, hasil menunjukkan bahwa dengan wallpaper yang biasa, pemakai bisa menghemat 6% baterainya lebih lama.

Matikan Getar, Kekekuranganani Volume & Matikan Umpan Balik.
Cara ini mungkin sudah kita ketahui & sudah sangat umum kita terapkan, fitur getar atau vibrate bisa menguras baterai. Volume maksimal juga bisa mengkonsumsi baterai yang tidak tidak banyak apalagi kita gunakan ketika bermain game, menonton film atau mendengarkan musik, untuk aktifitas ini, gunakan headset atau sejenisnya bisa lebih menghemat baterai android anda. Untuk berbagai game, biasanya ada yang memakai fitur getar ini, apabila ingin menghemat baterai matikan saja getar di pengaturan gamenya.
Kekekuranganani Kecerahan Layar (Brigtness).

Menghemat baterai dengan cara ini bakal sangat manjur untuk mengurangi konsumsi daya handphone anda, aturlah tingkat kecerahannya pada level rendah, khususnya apabila kita berada didalam ruangan tanpa adanya sinar matahari, tidak hanya itu, layar yang terlalu cerah juga bisa membuat kita cepat lelah khususnya pada handphone android yang mempunyai layar. Alasannya? Kita bisa membaca ulasan kami ini: Bahaya! Sinar Biru Gadget Cepat Merusak Mata! .

Atur Waktu Tidur (Sleep).
Contohnya yang sudah kita ketahui, faktor lain penyebab baterai android ialah layarnya, maka tidak heran apabila layar yang lebih besar maka bakal membutuhkan konsumsi daya yang besar pula. Oleh sebab itu, mengatur waktu tidur (sleep) pada android ialah cara yang sangat manjur. Idealnya, terus pendek waktu layar menyala, maka terus tidak banyak pula daya yang dikonsumsi. Umumnya waktu tercepat waktu tidur sistem android ialah 15 detik, maka pilihlan alternatif tersebut dengan membuka menu pengaturan.

Matikan Fitur Pintar.
Fitur tersemat yang bisa kita jadikan alternatif lainnya ialah mematikan fitur smart ini. Meskipun fitur ini mengangkat kemudahan pada aktifitas anda, tetapi fitur ini juga mengkonsumsi daya yang tidak sedikit. Fitur tersebut ialah auto rotate & air gesture, apabila kita jarang memakainya, mematikan fitur ini juga bisa kita jadikan pilihan, sebab contohnya auto ratate terkadang juga tidak banyak mengganggu, terlebih lagi, berbagai software juga bakal otomatis meperbuat rotasi layar meskipun fitur rotate kita matikan.

Manfaatkan Notifikasi di Layar Kunci.
Fitur ini tidak hanya bakal menolong kita menghemat waktu dengan menampilkan notifikasi yang tidak terlalu penting untuk tidak kita buka, juga bakal menolong kita menghemat baterai anda. sebab ketika ada pengumuman yang tidak penting kita buka, maka otomatis layar & operasi pada sistem bakal berlangsung, jadi baterai bakal terkonsumsi lebih banyak.

Matikan Mobile Data, WiFi, Bluetooth, GPS, & Auto Sync.
Penyebab mutlak baterai android kita cepat habis ialah fitur konektifitas. Kebanyakan fitur yang dipakai ialah koneksi data internet, koneksi WiFi, Bluetooh, GPS, & juga Sync. Mengaktifkan koneksi ini & dibiarkan terus menyala meskipun sudah tidak kita gunakan, merupakan penyebab mutlak baterai handphone kita cepat habis. Koneksi ini bakal terus mencari atau meperbuat upload & download data, terkadang juga kita lupa untuk mematikkanya ketika sesudah memakai google maps & GPS tetap hidup, atau sesudah mengirim file via bluetooth. Untuk itu, sesudah kita gunakan & sudah tidak dipakai lagi, maka betapa lebih bagus apabila konektifitas tersebut kita matikan. Apabila koneksi ini sedang kita gunakan, maka gunakan saja sesuai kebutuhan, contohnya apabila diruangan kita tersedia WiFi maka gunakan saja WiFi daripada memakai mobile data 3G, H+, atau 4G sebab lebih mengkonsumsi daya yang lebih rendah.

Kekekuranganani Pemakaian Widget.
Fitur asik & bisa menolong mempercantik desain android & menolong mempersingkat waktu ketika bekerja dengan android ialah dengan adanya widget, contohnya contoh ingin melihat jadwal kuliah melewati widget gambar atau melihat koleksi gambar melewati widget, melihat kalender di widget atau widget-widget lainnya yang bisa menolong aktifitas kita lebih enjoy. Tetapi pemakaian widget yang berlebihan bakal mengkonsumsi baterai kita lebih banyak. Oleh sebab itu, gunakanlah widget sesuai kebutuhan kita saja.

Gunakan Modus Ekonomis Baterai: Optimized Mode.
Tidak hanya kita saja yang bisa modus ketika PDKT, namun device android kita juga bisa memakai modus. Ya, Fitur modus ekonomis baterai yang sudah ada di sistem operasi android ini bakal sangat menolong kita untuk menghemat baterai android. Alternatif ini diantaranya ialah power saver standard yang otomatis bekerja apabila baterai kita sudah kekurangan dari batas kapasitas daya minimal yang sudah kita tetapkan, umpama kita mengesetnya di 20%, maka fitur ini bakal otomatis timbul & memberikan alternatif untuk mengakifkannya atau tidak. Alternatif lainnya yang bisa kita gunakan ialah Ultra-saving mode & Opimized Mode, sudah sama contohnya windows atau MAC pada laptop atau notebook.

Matikan Fitur “OK Google”.
Apabila kita gemar sekali browsing info untuk mengatahui update, mencari bahan acuan & refrensi maupun membutuhas topik untuk dijadikan dialog di kumpulan ibu-ibu PKK & arisan, atau diskusi bapak-bapak pos ronda, atau berkumpul dengan kawan mengulas artis-artis aneh, dekil, aroma namun populer, tentu kita sudah tidak asing dengan fitur “Ok Google”. Ketika kita sudah memakainya, fitur ini bakal terus aktif & mendengarkan perintah suara kita meskipun handphone kita sudah dalam keadaan sleep. Oleh kerena itu, apabila sudah tidak dipakai lagi, lebih bagus kita menonaktifkannya. Caranya: masuklah ke pengaturan “software penulusuran suara”, Pilih Settings atau setelan > Suara > kemudian pilih “deteksi Ok Google“, dalam menu ini, kita bisa menonaktifkan seluruh alternatif untuk bisa lebih menghemat baterai.
BONUS:

Apabila langkah-langkah diatas sudah kita terapkan, tetapi dirasa tetap kekurangan juga, maka kita bisa memakai software dari pihak ketiga, tidak hanya praktis, memakai software untuk menghemat baterai ialah alternatif lain yang bisa kita jadikan acuan. Software contohnya Dr. saver & sejenisnya bakal sangat menolong anda, minggu depan bakal kami ulas dengan cara khusus mengenai software spesialis alternatif penghemat baterai android.

Sumber: faktakah.com

0 Response to "10 Cara Menghemat Baterai Android (BEST TRIK)"

Post a Comment

Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Berguna :)